Instal Geany dan g++ juga ya…

Untuk dapat bermain-main c++ (mengetik, mengkopile, dan sebagainya) di Linux:Ubuntu . Seorang teman saya bernama Muhammad Abrar Istiadi , memberi jawaban untuk menggunakan Geany -sebuah aplikasi yang sedikit mirip dengan Turbo c++ dan kawan-kawan di Windows. Tidak ragu-ragu saya langsung masuk ke situs favorit saya untuk mencari distribusi aplikasi-aplikasi Ubuntu di apt-web.dahsy.at yang tentunya di situ terdapat beraneka ragam aplikasi yang sangat mudah untuk didownload. setelah mendapatkan geany, saya langsung menginstalnya (klik 2x pada geany.xxx.deb nya) karena Geany cuma berbentuk satu file. Setelah selesai instal Geany, saya menjalankannya, dan beberapa baris kode saya tuliskan. TAPI ketika saya mencoba kompile ternyata kompilasi mendapatkan errordan teredapat tulisan :
/bin/sh g++ not found
. Nah.. ternyata Geany belum bisa mengkompile tersebut, karena g++ nya belum terinstal. (saya pusing).
Dan sore ini, saya nekat untuk mencari g++ di Synaptic Package Manager. terlebih dahulu saya setting proxy nya di bagian Setting-Preferrence-Network. Setelah itu saya search lagi g++ di kotak searchnya “Synaptic”, saya centang semua yang berhubungan dengan g++ dan Apply, alhasil saya mendapatkan g++ (dengan memakai server undip).
Setelah selesai install, sayamenjalankan Geany dan hasilnya program yang saya tulis tadi dapt terkompile dengan baik dan berjalan selayaknya program. alhamdulillah

0 Responses to “Instal Geany dan g++ juga ya…”



  1. Leave a Comment

Leave a comment




i'm a Ubuntu Partner"
Blue Ubuntu
Download Ubuntu 10.04 LTS


Download Ceramah Agama IslamKajian.Net

Blog Teman SMA N 1 Metro



Abrar
Albadr
Dea
Ferdian
Firli
Khafidz
Rizqy
This site uses Thumbshots previews